Bandara Kertajati Dicanangkan SBY Diresmikan Jokowi

MAFIAREVO - Bandara Kertajati Majalengka Jawa Barat diresmikan Presiden Joko Widodo  pada 24 Mei 2018 Ada cerita menarik dibalik resmi beroperasinya bandara tersebut.


Jokowi mengatakan proyek bandara tersebut telah dicanangkan oleh Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono  dan Gubernur Jabar Ahmad. SBY kata Jokowi telah mencanangkan proyek tersebut lebih dari satu dekade lalu.

Jokowi : "Saya ucapkan terima kasih kepada Pak Susilo Bambang Yudhoyono Pak Ahmad Heryawan dan jajarannya yang sudah mencanangkan sejak lebih dari satu dekade lalu"

Jokowi mengatakan SBY maupun Aher memiliki peran penting dalam terbangunnya bandara kebanggaan di Bumi Parahyangan ini.

Jokowi : "Beliau keduanya menjadi bagian tidak terpisahkan dari terwujudnya bandara kebanggaan warga Jawa Barat ini"

Namun politikus Partai Demokrat mencoba meluruskan maksud Jokowi yakni Ketua Divisi Advokasi dan Bantuan Hukum DPP PD Ferdinand Hutahaean.

"Saya pikir mencanangkan satu dekade (sebagaimana yang dikatakan Jokowi) itu kurang tepat"


Ferdinand mengakui proyek Bandara Kertajati itu dimulai pada 2003 Namun pada 2003 itu baru proses persiapan awal Jadi belum bisa dibilang bahwa proyek telah dimulai Selanjutnya ada proses pencarian lokasi dilanjutkan dengan studi kelayakan.

Kata Ferdinand proyek ini secara resmi masuk program pemerintah pada 2011 setelah surat-surat persetujuan dari pemerintah pusat keluar terutama izin prinsip dan dasar hukumnya Pada 2011-2014 tahapan memasuki pembuatan detailed engineering design Pembiayaan direncanakan. 

"Baru kemudian pada 2014 diresmikan oleh Presiden SBY untuk dimulai pelaksanaannya Ini sudah sesuai dokumen MP3EI dan tidak ada yang mangkrak atau terhambat"

Bandara Kertajati diresmikan sejak Mei 2018 lalu Bandara senilai Rp 2,6 triliun ini memiliki area bangunan terminal seluas 121.000 meter persegi dan panjang landasan 2.500 meter.

Share:

Popular

Labels

Blog Archive

Recent Posts