RI Menempati Rangking Ke-7 Pemakai Paling banyak Boeing 737 Max 8

 RI Menempati Rangking Ke-7 Pemakai Paling banyak Boeing 737 Max 8

MAFIAREVO - Indonesia terdaftar menempati rangking ke-7 pemakai paling banyak pesawat Boeing 737 MAX 8 dalam dunia. Sekarang ini, keseluruhan 11 unit pesawat Boeing 737 MAX 8 beroperasi di Tanah Air, terbagi dalam satu unit oleh Garuda Indonesia serta 10 unit yang lain oleh maskapai Lion Air.

Type pesawat itu didapati jatuh dibawah pengoperasian Lion Air pada Oktober 2018 kemarin. Pesawat semacam kembali jatuh waktu dioperasikan oleh maskapai Ethiopian Airlines waktu membawa 157 penumpang, Minggu (10/3).

Didapati, Garuda Indonesia pesan 50 unit pesawat Boeing type sama serta Lion Air pesan sampai 200 unit. Akan tetapi, terakhir Garuda Indonesia kurangi pesanan serta menggantinya dengan type lainnya. Sama, Lion Air pun kembali menegosiasikan lagi gagasan pembelian dari Boeing.

Mencuplik flightglobal.com, ada seputar 371 unit pesawat Boeing 737 MAX 8 yang beroperasi di semua dunia. Armada paling baru punya produsen pesawat dari AS itu menyebar di 54 operator dari 34 negara.

China, AS, serta Kanada adalah tiga negara yang sangat banyak menjalankan Boeing 737 MAX 8. China, contohnya terdaftar menjalankan lebih dari seperempat pada keseluruhan 371 unit atau seputar 97 unit.

Maskapai penerbangan China yang mempunyai pesawat bertipe Boeing 737 Max 8 ini salah satunya China Southern Airlines, dengan kepemilikan 24 unit. Air China, 15 unit. Shanghai Airlines serta Hainan Airlines semasing mempunyai 11 unit pesawat.

Negara dengan rangking ke-2 kepemilikan Boeing 737 Max 8 paling banyak ialah AS. Dengan keseluruhan kepemilikan 72 unit pesawat, maskapai yang mengoperasikannyaa diantaranya, United Airlines dengan 14 unit, American Airlines 24 unit, serta Southwest Airlines 34 unit.

Southwest Airlines jadi maskapai tunggal yang megoperasikan unit Boeing 737 MAX 8 paling banyak dalam dunia.

Tempati rangking ke-3 ialah Kanada. Sekitar 40 unit pesawatnya dipunyai oleh Air Canada (24 unit), WestJet (13 unit), serta Sunwing Airlines (3 unit). Amerika Utara jadi lokasi dengan kepemilikan armada paling besar ke-2 dengan 112 unit pesawat, yang mewakili 30 % market share.

Sesaat, maskapai-maskapai Eropa menempati posisi ke lima dengan keseluruhan 71 unit pesawat.

Sedang maskapai-maskapai Afrika cuma mewakili seputar 2 % dari keseluruhnya armada, atau seputar 8 unit pesawat. Ethiopian Airlines sendiri jadi maskapai dengan kepemilikan unit paling banyak, yakni empat unit. Sesudah itu, maskapai-maskapai lainnya ialah Mauritina Airlines, Royal Air Maroc, serta Comair.

Beberapa negara yang menonaktifkan penerbangan Boeing 737 MAX 8 salah satunya ialah Indonesia serta Ethiopia, berkaitan kecelakaan pesawat yang terjadi pada dua negara itu, dan China, yang mempunyai unit pesawat Boeing 737 paling banyak dalam dunia.
Share:

Popular

Labels

Blog Archive

Recent Posts